Sep 10, 2007

Aplikasi Teknologi : LIFT

Nah, setelah tau pengertian teknik dan teknologi, sekarang kita akan melihat sedikit sejarah dari salah satu teknologi yang tidak asing lagi buat kita, yaitu LIFT.

Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka. Dengan menggunakan lift kita dapat menghemat waktu dan tenaga yang terpakai. Benar-benar teknologi yang berguna bukan??

Ada beberapa jenis lift:
1. Lift penumpang
2. Lift barang
3. Lift pasien

Lift awalnya adalah derek yang terbuat dari tali. Pada tahun 1853, Elisha Graves Otis, salah seorang pionir dalam bidang lift, memperkenalkan lift yang menghindarkan jatuhnya ruang lift jika kabelnya putus. Rancangannya mirip dengan suatu jenis mekanisme keamanan yang masih digunakan hingga kini. Pada 23 Maret 1857 lift Otis pertama dipasang di New York City. Kemudian tahun1880, lift listrik pertama dibuat oleh Werner von Siemens. Tahun 2004 lift penumpang tercepat di dunia dipasang di gedung Taipei 101 di Taipei, Taiwan. Kecepatannya adalah 1.010 meter per menit atau 60,6 km per jam.

No comments: