Apr 21, 2009

Jawaban Pertanyaan Ms. Gege

1. Bagaimana kepemimpinan ideal menurut anda? Bisa dikaitkan dengan
kepemimpinan anda nantinya di divisi/biro bersangkutan.


2. Menurut temen2, gimana kepemimpinan anda sebagai kadiv/kabir
nantinya bisa mempengaruhi HMIF secara keseluruhan (menuju HMIF ideal)?


Menjawab pertanyaan pertama dan kedua :D
Apa karakteristik utama seorang pemimpin menurut saya?

Inspiring.
Seorang pemimpin dapat menularkan kelebihan-kelebihan yang ia miliki.
Ia dapat menjadi panutan sekaligus motivasi bagi orang-orang yang dipimpinnya sehingga memacu mereka untuk jadi lebih baik daripada pemimpinnya.
Dari sinilah kharisma seorang pemimpin akan timbul, membuat orang-orang merasa nyaman di bawah kepemimpinannya.
Responsible.
Tugas utama seorang pemimpin adalah sebagi decision maker.
Bertanggung jawab atas kebijakan-kebijakan yang dibuatnya adalah konsekuensinya.
Mover.
Maksudnya penggerak :D
Seorang pemimpin harus memiliki inisiatif dan kemampuan dalam bekerja sama serta me-manage dan menggerakkan orang-orang yang dipimpinnya demi tercapainya tujuan yang diimpikan bersama dengan memikirkan kepentingan segala pihak.

Karakteristik2 di atas-lah yang ingin saya miliki sebagai bekal apabila saya terpilih menjadi ketua divisi. Pada kepemimpinan saya nantinya, saya ingin membenahi aspek-aspek internal HMIF, terkait dengan divisi saya, yaitu divisi kekeluargaan.
Sesuai dengan namanya, rasa kekeluargaan-lah yang akan saya gunakan sebagai tools kepemimpinan saya.

Kekeluargaan = {saling, menghargai, percaya, perhatian}

Saat ini saya sedang dalam proses meningkatkan kemampuan kepemimpinan saya.
Caranya? belajar, and keep studying from experience and inspiring people :D

3. Hal apa yang akan anda pertahankan dari kepengurusan sekarang di
kepengurusan anda nanti jika terpilih jadi kadiv/kabir? (bisa skala
HMIF secara general ataupun terbatas div/biro terkait aja)


> Struktur kepengurusan HMIF yang telah ada (yg melibatkan 3 angkatan).
> Sebagian proker divkel yang berhasil memenuhi tujuannya untuk mempererat kekeluargaan di antara massa HMIF.

4. Hal apa yang paling ingin anda perbaiki dari kepengurusan sebelumnya
dan bagaimana?



Reorganisasi Proker
, melihat adanya tumpang-tindih proker yang terasa saat ini.
Proker yang terasa terlalu padat mengakibatkan rasa jenuh para pelaksananya.
Bisa berimbas ke realisasi proker yang tidak maksimal bukan?
Esensi tiap proker harus ditelaah lagi dan dilihat apakah telah tepat sasaran, apabila dirasa tidak efisien maka harus dibenahi kembali. Tidak harus dengan penghapusan proker, namun dapat juga dengan pengaturan timing pelaksanaan proker.

Mempererat Rasa Kekeluargaan
, terutama antar angkatan.
Dapat disiasati dengan mengadakan acara yang melibatkan lintas angkatan.
Kegiatannya tidak harus berupa proker lho, banyak cara lain untuk mendapatkan "feel" kekeluargaan ini:
ngumpul bareng, ngobrol bareng, saling sapa, pakai dress code bareng, makan-makan bersama :D

No comments: